Tuesday, August 7, 2018

Dua Program Diet Paling Efektif secara Ilmiah

Dua Program Diet
KOMPAS.com - Ada banyak metode diet yang dapat kita ikuti, dapat didasarkan  testimoni teman yang sudah berhasil, mengikuti cara diet ala selebriti, atau memilih diet yang paling efektif secara ilmiah.

Sebuah penelitian baru pada Johns Hopkins University menerangkan bahwa hanya muncul dua program diet komersil yang dinilai efektif, yakni Jenny Craig dan Weight Watchers. Berdasarkan data substansial kedua metode itu lebih efektif.

Berat badan berlebih saat ini menjadi masalah pada banyak negara, bukan hanya pada negara maju, namun maupun negara-negara berkembang. Keinginan buat mencari metode diet yang paling efektif buat melawan epidemi kegemukan pun terus dilakukan.

Para peneliti menguji 4.200 program diet komersial buat mencari bukti kuat terkait efektivitasnya. Program diet komersil berarti kita mendaftar pada satu program, biasanya ke dokter ahli gizi atau klinik pelangsingan. Lewat program ini kita akan diberikan sesi konsultasi, petunjuk pola makan, dan pemantauan program yang dijalankan.

Di akhir tahun 2014, para peneliti hanya menemukan beberapa program yang memenuhi 'baku emas' ilmiah dalam uji coba atau percobaan klinis secara rambang.

Sebelumnya hanya muncul sedikit bukti yang menerangkan program penurunan berat badan mana yang lebih efektif dalam menjaga berat badan sehabis satu tahun dilakukan dibandingkan seandainya seseorang mencoba menurunkan berat badan sendiri atau kontribusi pada luar sesi diet.

Dalam sebuah penelitian, para periset bisa menguji implikasi dari 39 percobaan yang mencakup 11 sistem diet tidak selaras: Weight Watchers, NutriSystem, HMR, Medifast, OPTIFAST, Atkins, SlimFast, Biggest Loser Club, eDiets, dan Lose It!.

Sementara beberapa program, mirip NutriSystem, menerangkan implikasi menjanjikan terkait potensi mempertahankan berat badan, data tindak lanjutnya tak muncul. Hanya dua program yang memiliki dukungan 'baku emas', yakni Jenny Craig dan Weight Watchers.

"Setelah 12 bulan, rata-rata berat yang diturunkan menggunakan Weight Watchers yaitu setidaknya 3,6 kilogram, lalu Jenny Craig sekitar 6,8 kilogram," celoteh Kimberly Gudzune, seseorang ahli penurunan berat badan dari Johns Hopkins University School of Medicine.

"Sementara banyak orang mungkin mengira jumlah ini sedikit, namun sebenarnya memenuhi tujuan penurunan berat badan, yakni mencapai 3 hingga kehilangan 5 % dari berat awal Knda yang direkomendasikan sang pedoman baru-baru ini," lanjutnya.

Dua program diet tadi disebut memiliki intensitas tinggi dan berimbang. Setara menggunakan NutriSystem, Jenny Craig dan Weights Watchers dinilai hampir sama, baik dalam dalam penetapan tujuan, kontrol diri, warta nutrisi, dan konseling.

Gudzune berharap, penelitian ini dapat memicu lebih banyak penelitian terhadap sistem penurunan berat badan komersil, yang dapat membantu dokter dan ahli gizi buat memberi saran lebih efektif dalam menangkal obesitas.

Ia menambahkan, penurunan berat badan yang efektif memerlukan saran ahli buat mengetahui taktik terbaik didasarkan  kondisi tubuh dan kebutuhan masing-masing. (Purwandini Sakti Pratiwi)

No comments:

Post a Comment