Sunday, September 23, 2018

Yuk, Kenalan bareng Diet Militer serta Cari Tahu Dampaknya

Yuk, Kenalan bareng
Pokok bahasan yg tidak pernah habis dibahas & senang ada-ada saja. Diet.

Ada banyak sekali diet yg berkembang waktu ini, menurut diet yg awam hingga yg ucapnya sedang hits, mulai diet yg memang direkomendasikan ahli dikarenakan sudah terbukti & didukung penelitian hingga yg tidak diketahui asalnya menurut mana & lebih mengandalkan "ucapnya". Katanya hasilnya menjanjikan, padahal belum tentu kebenarannya apa memang bisa demikian. Dari banyaknya diet yg timbul, ada satu diet yg punya nama yg bisa dikatakan keren. Sebutlah dia bernama Diet Militer.

Kok namanya Diet Militer?
Apa yg pertama kali terbayang waktu mendengar diet ini? Diet yg bisa membangun tubuhmu menjadi proporsional, gagah, kekar, atletis bak anggota militer. Apa lagi? Dari mendengar namanya saja, diet ini memang sudah kelihatan menarik & membangun orang jadi ingin tahu caranya, kan?

Walau namanya membawa-bawa militer, nyatanya diet ini tidak dilakukan kepada mereka anggota militer. Sejauh saya mencari menurut usulnya, pun tidak terang menurut siapa.

Apalagi kalau melihat pola dietnya, saya juga merasa cita rasanya anggota militer tidak begitu amat. Sebab yg saya tahu, anggota militer justru butuh asupan yg lebih banyak menurut kepada rata-rata orang biasa, bisa mencapai 3500 kalori bahkan lebih untuk mengimbangi aktivitas fisiknya yg berat. 

Secara garis akbar, diet ini hanyalah diet rendah kalori mirip kepada umumnya diet, yg melakukan pembatasan asupan pribadi (rendah karbohidrat) & menyarakan makanan pribadi mirip ikan tuna, kopi hingga es krim. Iya, es krim! Keberadaan es krim ini juga yg kemudian diet ini disebut juga menjadi ice cream diet.

Tidak berhenti di situ, pengaturan diet ini hanya dilakukan selama 3 hari, sisanya engkau boleh memakan apa saja akan tetapi tetap usahakan makanan yg sehat & tidak kurang menurut 1500 kalori. Kemudian, di minggu berikutnya engkau bisa memulainya lagi, 3 hari berturut-turut diet, empat sisanya normal. Begitu seterusnya hingga tujuanmu tercapai.

Selama 3 hari, diet ini akan mengatur makananmu. Apa saja yg boleh diasup sudah dipengaruhi. Misal, sumber karbohidrat primer yg dipakai kepada diet ini artinya roti gandum, bukan nasi. Untuk orang Indonesia yg terbiasa menggunakan nasi, mungkin hal ini akan menyulitkan lantaran tidak kebiasaan. Selain es krim, diet ini juga menyarankan untuk mengasup processed meat atau daging olahan, sosis! Gambaran menu bisa engkau lihat di sini!

Rata-rata kalori yg engkau asup menurut diet ini dalam per harinya hanya 1000-an kalori saja atau bahkan kurang menurut itu. Kasarannya, hanya setengah kebutuhan kalori harianmu (atau bisa jadi malah belum setengahnya).

Dari sini, kemudian jadi terang mengapa apabila menggunakan mengandalkan diet ini selama 3 hari engkau bisa kehilangan berat badan yg cukup drastis yaitu lantaran adanya pengurangan kalori yg cukup banyak (defisit energi).

Alasan kenapa berat badanmu hilang seketika
Klaim yg ditawarkan menurut diet ini bisa dibilang menggiurkan, sebab dalam waktu 3 hari saja berat badan yg 'hilang' bisa mencapai 10 pon atau sekitar 4,lima Kg. Fantastis,bukan? Padahal penurunan berat badan yg direkomendasikan per bulan pun tidak hingga sebanyak itu, hanya direntang 0,lima hingga 1 Kg per minggu atau dua hingga 4 Kg saja perbulan.

Tetapi, jangan terburu-buru untuk melakukan lantaran hanya melihat janji yg diet ini tawarkan. Faktanya, janji untuk kehilangan berat badan mungkin sahih adanya, namun faktanya yg lain & bisa jadi bahan pertimbanganmu artinya lantaran engkau kehilangan banyak air & ototmu juga bisa ikut terkena dampaknya.

Saat engkau kehilangan banyak air dalam tubuh, waktu itu juga cadangan karbohidrat di otot (glikogen) ikut menurun. Hal ini juga yg membangun engkau mungkin akan kembali ke berat badanmu yg semula atau bisa lebih menurut itu waktu engkau tidak lagi melakukan diet & kembali kepada pola makan normalmu. Ngeri!

Aman nggak sih?
Aika diet ini tidak dilakukan secara terus menerus sang orang yg sehat, masih di katakan safety-safety saja. Namun, apabila berkepanjangan bisa jadi engkau akan mengalami kasus kekurangan (defisiensi) gizi.

Kalau engkau ingin menurunkan berat badan secara drastis menggunakan cepat, semisal menggunakan tujuan pribadi mirip ingin gaun nikahmu muat di tubuhmu, engkau bisa melakukannya itu pun menggunakan akan tetapi. Tetapi menurut tanyakan dulu kepada ahlinya & perhatikan kesehatanmu juga.

Jangan hingga dietmu yg terlalu ekstrim malah justru mengagalkanmu ke pelaminan, sakit.

Namun, apabila tujuan yg ingin engkau capai artinya untuk menurunkan berat badan secara sehat & engkau ingin mempertahankan dalam waktu yg lama, maaf saja diet ini tidak akan direkomendasikan.

Percayalah, diet yg baik itu tidak akan menyusahkanmu. Aika engkau merasa susah atau bahkan hingga jatuh sakit, itu bukan diet akan tetapi engkau sedang menyiksa dirimu sendiri.

Yang instan memang menggoda, akan tetapi jangan hingga kesehatanmu jadi korbannya.

Salam,
Listhia H Rahman

No comments:

Post a Comment